Senin, 05 November 2012

Wayang Wisanggeni dan Dikaitkan Dengan Tokoh Politik


A. WAYANG WISANGGENI

Wisanggeni adalah nama seorang tokoh pewayangan yang tidak terdapat dalam wiracarita Mahabharata, karena merupakan tokoh asli ciptaan pujangga Jawa. Ia dikenal sebagai putra Arjuna yang lahir dari seorang bidadari bernama Batari Dresanala, putri Batara Brama. Wisanggeni merupakan tokoh istimewa dalam pewayangan Jawa. Ia dikenal pemberani, tegas dalam bersikap, serta memiliki kesaktian luar biasa. Kisah kelahiran Wisanggeni diawali dengan kecemburuan Dewasrani, putra Batari Durga terhadap Arjuna yang telah menikahi Batari Dresanala. Dewasrani merengek kepada ibunya supaya memisahkan perkawinan mereka. Durga pun menghadap kepada suaminya, yaitu Batara Guru, raja para dewa.

Atas desakan Durga, Batara Guru pun memerintahkan agar Batara Brama menceraikan Arjuna dan Dresanala. Keputusan ini ditentang oleh Batara Narada selaku penasihat Batara Guru. Ia pun mengundurkan diri dan memilih membela Arjuna. Brama yang telah kembali ke kahyangannya segera menyuruh Arjuna pulang ke alam dunia dengan alasan Dresanala hendak dijadikan Batara Guru sebagai penari di kahyangan utama. Arjuna pun menurut tanpa curiga. Setelah Arjuna pergi, Brama pun menghajar Dresanala untuk mengeluarkan janin yang dikandungnya secara paksa.

Dresanala pun melahirkan sebelum waktunya. Durga dan Dewasrani datang menjemputnya, sementara Brama membuang cucunya sendiri yang baru lahir itu ke dalam kawah Candradimuka, di Gunung Jamur dipa. Narada diam-diam mengawasi semua kejadian tersebut. Ia pun membantu bayi Dresanala tersebut keluar dari kawah. Secara ajaib, bayi itu telah tumbuh menjadi seorang pemuda. Narada memberinya nama Wisanggeni, yang bermakna "racun api". Hal ini dikarenakan ia lahir akibat kemarahan Brama, sang dewa penguasa api. Selain itu, api kawah Candradimuka bukannya membunuh justru menghidupkan Wisanggeni.

Atas petunjuk Narada, Wisanggeni pun membuat kekacauan di kahyangan. Tidak ada seorang pun yang mampu menangkap dan menaklukkannya, karena ia berada dalam perlindungan Sanghyang Wenang, leluhur Batara Guru. Batara Guru dan Batara Brama akhirnya bertobat dan mengaku salah. Narada akhirnya bersedia kembali bertugas di kahyangan. Wisanggeni kemudian datang ke Kerajaan Amarta meminta kepada Arjuna supaya diakui sebagai anak. Semula Arjuna menolak karena tidak percaya begitu saja. Terjadi perang tanding di mana Wisanggeni dapat mengalahkan Arjuna dan para Pandawa lainnya.

Setelah Wisanggeni menceritakan kejadian yang sebenarnya, Arjuna pun berangkat menuju Kerajaan Tunggulmalaya, tempat tinggal Dewasrani. Melalui pertempuran seru, ia berhasil merebut Dresanala kembali.
Wisanggeni adalah gabungan sipat sipat yang luar biasa, cerdas, mengetahui masa depan, sakti seperti dewa, tapi ngoko dan tak berbahasa halus walo dialeganya halus (disini bedanya wisanggeni dengan antasena, sama sama ngoko tapi dialeg antasena kasar, sementara dialeh wisanggeni halus), dan juga wisanggeni itu pandai berdiplomatik dan tak cepet naik darah, bisa mengikuti strategi yg dibuatnya sehingga sering dijadikan pemimpin oleh anak anak pandawa. Wisanggeni sangat sakti, bhatara guru saja kalah oleh wisanggeni. dalam cerita kelahiran wisanggeni bhatara guru sampe lari ke dunia karena di kayangan semua dewa di buat babak belur oleh wisanggeni. wisanggeni lahir dan besar seketika di tengah api kawah candradimuka. dan langsung dimomong oleh aki semar badranaya.

B. TOKOH POLITIK YANG BERSIFAT SAMA DENGAN WAYANG WISANGGENI

Menurut saya, tokoh politik yang bersifat sama dengan wayang Wisanggeni  adalah mantan Presiden Republik Indonesia pertama yaitu Ir.Soekarno. Soekarno ketika menjadi presiden RI berusia 44 tahun, termasuk umur yang sangat muda untuk ukuran seorang presiden yang memimpin sebuah negara besar seperti Indonesia ini. Beliau muda, cerdas dan pemberani mirip seperti tokoh wayang Wisanggeni yang juga digambarkan sebagai seorang bocah yang cerdas, sakti dan pemberani.
Si orok Wisanggeni ini ternyata tidak mati malah sebaliknya menjelma menjadi seorang bocah yang sakti Mandraguna. Kemudian dengan gagah berani muncul dan mengobrak-abrik status quo dewa-dewa penghuni Kahyangan.
Demikian halnya dengan kelahiran (kemerdekaan) Indonesia yang juga berusaha dihalang-halangi oleh kekuatan-kekuatan asing yang pernah menjajah Indonesia yakni Belanda dan Jepang. Namun nyatanya Indonesia muda yang dipimpin oleh seorang presiden yang juga masih muda, berani melawan dengan gagah berani terhadap kekuatan-kekuatan asing tersebut.

Tiga bulan setelah lahir (merdeka) Indonesia sudah berani mengusir dan membuat kocar-kacir pasukan sekutu yang mendarat di Surabaya. Kemudian pada tahun 1948, agresi militer Belanda berhasil dikalahkan melaui strategi perang gerilya. Tahun 1955, Indonesia mampu menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika, yang bertujuan menggalang kekuatan negara-negara dunia ketiga sebagai poros penyeimbang negara-negara Blok Barat dan Blok Timur. Tahun 1961 sampai dengan 1963, melalui Operasi Trikora yang heroik Papua Barat berhasil direbut dan Belanda pun lari tunggang langgang.

Dewa-dewa dunia saat itu yakni Amerika Serikat dan Uni Sovyet dibikin takjub dan terkagum-kagum melihat sepak terjang Indonesia yang dipimpin oleh seorang presiden yang cerdas, visioner dan pemberani dalam diri Soekarno. Tak salah kiranya jika bung Karno benar-benar menjadi salah satu ikon pemimpin dunia pada saat itu.


Referensi :


Minggu, 04 November 2012

Ilmu Sosial Dasar Pada Muatan Lokal

Ilmu sosial dasar tidak hanya terfungsikan pada muatan nasional, tetapi juga pada muatan lokal. Maksudnya adalah meliput pengertian ilmu sosial dasar, serta sosial dasar pada kegunaan dan kebiasaan masyarakat daerah, Berikut ini adalah pembahasan tentang hal-hal tersebut.

1. PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR DAN PEMBAHASANNYA

Ilmu sosial dasar merupakan suatu studi analisis fenomena sosial masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya menurut dari sudut pandang kajian dasar falsafah keilmuan. Ilmu sosial dasar juga dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat dengan menggunakan fakta, konsep dan teori.

Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar juga diberikan di perguruan tinggi, karena :

  1.  Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka
  2. Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan  sekitarnya  serta perkembangan masyarakat.

Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu sosial dasar yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial diatas. Ilmu  sosial  dasar  merupaka n  suatu bahan studi atau program pekerjaan yang khusus dirancang  untuk  kepentingan atau pengerjaan yang di Indonesia diberikan di  perguruan   tinggi.


Ilmu sosial dasar membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hal ini dapat diwujudkan dengan melalui kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran dalam lingkungan sosial dapat ditingkatkan.


2. MASALAH SOSIAL DASAR SECARA LOKAL

Pada pembahsan masalah sosial dasar secara lokal, saya memberikan contoh yang berada di lingkungan sekitar, karena saya berdomisili di Bogor, maka saya menjadikannya sebagai contoh secara lokal. Berikut ini adalah penjelasan rinci.

Bogor sebagai penopang kota Jakarta, sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan. Menurut data yang diambil dari BPS tahun 2009, laju pertumbuhan ekonomi kota Bogor meningkat.
Seiring bertumbuhnya perekonomian dan jumlah penduduk yang terus bertambah, pada kuartal pertama tahun 2010, penduduk bogor sudah mencapai angka 1,055 juta jiwa.
Sehingga memicu munculnya berbagai permasalahan sosial dan juga lingkungan. Empat permasalahan yang oleh pemerintah daerah kota bogor yang dijadikan sebagai prioritas untuk dituntaskan, yaitu mencakup pada: 
  •             Transportasi
  •             Kebersihan
  •             Pedagang Kaki Lima ( PKL )
  •             Kemiskinan

Pemerintah kota bogor akan terus berusaha untuk menuntaskan setiap masalah satu per satu, sehingga seluruh lapisan masyarakat kota Bogor dapat menikmati hidup yang nyaman di kota Bogor.

A.                TRANSPORTASI
Dalam memecahkan permasalahan transportasi di kota Bogor merupakan pekerjaan yang tidaklah mudah, banyaknya kendala yang menjadi penyebab utama, seperti:

  •             Tingginya jumlah angkutan umum
  •             Terkosentrasinya kegiatan di pusat kota
  •             Banyaknya Pedagang Kaki Lima ( PKL ) yang memakan badan jalan
  •             Terbatas sistem sarana dan prasarana transportasi
  •             Manajemen transportasi yang belum terpadu

Berdasarkan berbagai permasalahan yang telah tertera tadi pemerintah daerah kota Bogor telah berusaha menangani berbagai permasalahan tersebut, dengan cara:
  •            Menata angkutan umum dan pembangunan jalan
  •            Pengembangan sarana dan prasarana transportasi


B.                 KEBERSIHAN 
Setiap pagi pengangkutan sampah dari pasar-pasar sudah dimulai sejak matahari terbit, dan mulai siang sedikit penyapuan pada jalan-jalan protokol, namun semua usaha tersebut baru mencapai lebih dari setengah dari keseluruhan. Pemerintah sudah menyerukan konsep 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE), serta mengembangkan pengelolaan sampah skala lingkungan. Saat ini pemerintah pun tengah berusaha membangun TPA di kayu manis sebagai alternatif TPA di Galuga.


C.         PKL ( PEDAGANG KAKI LIMA )
Sesungguhnya pada permasalahan ini bagaimana para pelaku sendiri menyadari akan pelanggaran nya, karena aparat telah menjalankan kewajiban, tetapi para PKL sendiri lah yang masih bersikeras berjualan tidak pada tempatnya, tecatat sudah ratusan penertiban telah dilakukan, tetapi tetap kenakalan para PKL masih belum dapat diredamkan.


D.         KEMISKINAN 
Pemerintah telah berusaha menanggulangi masalah kemiskinan di kota Bogor dengan cara: 

  •             Pendistribusian raskin
  •             KB untuk keluarga miskin
  •             Kelompok Usaha Bersama ( KUBE )
  •             BOS dan bantuan keuangan sekolah


Sesungguhnya segala sesuatu memang tergantung pada sistem pemerintahan yang dianut, namun semua itu tidak akan menghasilkan apa-apa selama masyarakat sendiri tidak mendukung program yang dijalankan oleh pemerintahnya.


Referensi :