Minggu, 25 Desember 2011

Tugas Ilmu Budaya Dasar ke-2

A. KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

1. PENGERTIAN PROSA DAN PUISI

  • Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena memiliki ritme yang lebih besar, serta bahasannya lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Biasanya prosa mengungkapkan suatu fakta atau ide. Selain itu, kita dapat menemukan prosa pada surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, dan berbagai jenis media lainnya.
  • Puisi adalah seni tertulis dimana bahasa yang digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, selain arti sementiknya. Puisi sengaja menggunakan pengulangan, terutama pada rima. Puisi biasanya mendeskripkan suatu curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam hatinya.
2. JENIS-JENIS PROSA DAN PUISI

Jenis-jenis prosa terbagi menjadi 4 (empat) jenis :
  • Prosa naratif
  • Prosa deskriptif
  • Prosa eksposisi
  • Prosa argumentatif.
Jenis-jenis puisi terbagi menjadi 2 (dua) bagian :
  • Puisi lama ; merupakan puisi yang terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah kata dalam 1 baris, jumlah baris dalam 1 bait, persajakan (rima), banyak suku kata setiap baris, dan iramanya. Contohnya seperti : mantra, pantun, karima, seloka, gurindam, syair, dan talibun.
  • Puisi baru ; merupakan puisi yang bentuknya lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku kata maupun rima. Contoh puisi berdasarkan isinya : balada, himne, ode, epigram, romansa, elegi, dan satire. Contoh puisi berdasarkan dilihat dari bentuknya seperti : distikon, terzina, kuatrain, kuint, sektet, septime, oktaf/stanza, dan soneta.
3. CONTOH PROSA DAN PUISI
  • CONTOH PUISI :
GURU

Guru, Engkau adalah sosok jiwa yang tangguh
Engkau menerangiku dengan berbagai kata-kata
Engkau tak kenal lelah membanting tulang untuk membimbingku
Baik itu dalam keadaan suka ataupun duka.

Guru, setiap hari selalu memberiku ilmu-ilmu yang tidak ada habisnya
Bahkan memberiku motivasi disaat aku terperangkap dalam lubang
Meskipun aku pernah sesekali tak memperdulikan kata-katamu,
Tetapi sesungguhnya hatiku menyayangi dirimu seperti rasa sayang kepada kedua orangtuaku.

Guru, terima kasih atas semua pengabdianmu
Karena Engkau telah memberiku bekal dan semangat yang berkobar bagaikan api
Karena Engkau, kini aku telah memiliki segudang ilmu dan pelajaran berharga
Dan karena jasamu-lah, kini aku dapat berdiri untuk menyongsong masa depan dengan pendidikan baru.

Terima kasih Guruku, Pahlawan tanpa tanda jasa
Semangatmu yang begitu membara
Pantang menyerah dan putus asa
Bagiku, Engkau adalah inspirasiku.

  • CONTOH PROSA
Guru merupakan sosok pahlwan yang tangguh, yang dimana setiap hari selalu memberiku berbagai kata-kata. Semangat kerja kerasnya dalam membimbingku yang selalu ada dan tidak pernah lelah, baik itupun dalam keadaan senang maupun duka, karena sosok seorang guru yang tidak pernah menunjukkan kesusahannya, meskipun terkadang aku menyadarinya karena dari tatapan wajahnya.

Guru tidak pernah berhenti untuk selalu memberiku ilmu. Bahkan selalu memotivasiku disaat aku menyerah dan putus asa. Meskipun aku pernah sesekali tidak memperdulikan kata-katamu, karena alasan sifatku yang egois, tetapi hatiku sangat sayang padanya seperti rasa sayangku kepada kedua orangtuaku.

Guruku tersayang, terima kasih atas semua pengabdianmu dari awal aku menduduki bangku sekolah. Telah banyak ilmu dan pelajaran berharga yang engkau berikan kepadaku atas rasa semangatmu yang selalu ada. Berkat jasa-jasamu, kini aku telah berada di dunia pendidikan baru dan merupakan langkah terakhir dalam jenjang menuntut ilmu sebagai seorang mahasiswi.

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, terbukti dengan semua pengorbanan, semangat yang tiada hentinya, pantang menyerah dan tidak mengenal putus asa. Bagiku, Guruku adalah inspirasiku. Tanpanya, aku tidak akan mampu berdiri dan berjuang demi cita-cita.

B. MANUSIA DAN CINTA KASIH

1. PENGERTIAN CINTA KASIH, KASIH SAYANG, KEMESRAAN, DAN BELAS KASIHAN
  • Pengertian Cinta Kasih
Cinta adalah perasaan suka yang lahir dari dalam diri seseorang, muncul dengan sendirinya, tanpa melihat waktu dan usia, hasrat ingin memiliki, menyayangi, rasa sayang (kepada), seperti rasa sayang antara ibu kepada anaknya, atau rasa sayang antara lawan jenisnya. Sedangkan kasih adalah rasa sayang kepada atau menaruh belas kasihan. Jadi, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka, sayang kepada seseorang dari dalam hati yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Cinta kasih dapat diciptakan antara sesama manusia dengan manusia, antara manusia dengan lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhan.
  • Pengertian Kasih Sayang
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia karangan W.J.S.Purwodarminto, kasih sayang dapat diartikan sebagai perasaan sayang, perasaan cinta kepada seseorang. Misalnya seperti dua anak muda yang berpacaran sampai menikah, dan pada saat berumah tangga, kehidupan mereka harmonis dan penuh kasih sayang. Kasih sayang inilah merupakan pertumbuhan dari cinta mereka berdua.

  • Pengertian Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar "mesra", yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan merupakan perwujudan dari cinta dan menimbulkan daya kreativitas manusia.
  • Pengertian Belas Kasihan
Belas kasihan (composian) adalah suatu kebajikan yang dimana kapasitas emosional seseorang untuk empati dan simpati terhadap penderitaan orang lain yang dianggap sebagai suatu bagian dari cinta itu sendiri, dan dengan landasan keterkaitan sosial dengan menerapkan prinsip-prinsip kemanusiaan tertinggi, berdasarkan filsafat, masyarakan, dan kepribadian.

2. MACAM-MACAM CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

Macam-macam cinta menurut ajaran agama, yaitu :
  • Cinta Diri, merupakan kecenderungan untuk menuntut segala sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya, dan menghindari dari segala sesuatu membahayakan keselamatan terhadap dirinya.
  • Cinta Kepada Sesama Manusia, seperti mencintai seseorang kepada kaum umatnya untuk belajar agama ataupun ingin berhijrah, dan mementingkan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadinya.
  • Cinta Seksual, merupakan yang keterkaitan dengan dorongan seksual. Dan itu merupakan kebutuhan manusia untuk melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama antara suami dan istri. Seks merupakan kebutuhan primer bagi kelangsungan hidup dalam berkeluarga.
  • Cinta Kebapakan, merupakan tampak cinta seorang bapak terhadap anaknya karena ia merupakan sumber kesenangan dalam kegembiraan baginya, sumber kekuatan, dan kebanggaan, yang merupakan faktor penting bagi bapak dalam kelangsungan hidupnya, dan tetap terkenang baginya setelah meninggal dunia.
  • Cinta Kepada Allah, merupakan puncak cinta manusia yang paling jernih. Tidak hanya sholat, pujian, dan doanya, tetapi semua tindakan dan tingkah lakunya hanya ditujukan hanya kepada Allah, mengharapkan penerimaan dan ridha-Nya.
  • Cinta Kepada Rasul (Nabi Muhammad SAW), merupakan peringkat kedua setelah cinta kepada Allah swt. Karena Rasul Muhammad SAW bagi kaum muslimim merupakan contoh teladan dan ideal yang sempurna bagi manusia, baik tingkah laku, maupun sifat luhur lainnya.
  • Cinta Kepada Ibu-Bapak, merupakan hal yang terbesar di dalam agama Islam, karena hal ini menentukan ridha atau tidaknya Tuhan kepada manusia. Tuhan memperingatkan dengan keras melalui ajaran akhlak mulia dan langsung dengan tata kramanya.

SUMBER REFERENSI :

id.wikipedia.org/wiki/puisi
id.wikipedia.org/wiki/prosa
ridwansyaidi.blog.com/2010/04/13/makna-cinta-kasih/
id.shvoong.com/social-science/anthropology/2189133-pengertian-kasih-sayang-cinta-kemesraan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar