Sabtu, 25 April 2015

TEORI PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN SUMBER DAYA ALAM

A.      Pengetahuan Lingkungan
Dasar pengetahuan lingkungan merupakan suatu dasar pendidikan yang membahas pengertian dasar mengenai ilmu lingkungan, ekologi serta beberapa permasalahan lainnya berkaitan dengan lingkungan hidup alam dan lingkungan sosial budaya manusia. Permasalahan lingkungan hidup menjadi pembahasan yang populer dan sering diperbincangkan oleh banyak orang baik lisan maupun tertulis. Adapun visi pendidikan lingkungan hidup yaitu terwujudnya manusia yang memiliki pengetahuan, kesadaran serta keterampilan untuk berperan aktif dalam wujud melestarikan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
Adapun misi mengajarkan pendidikan lingkungan hidup memiliki komponen mengembangkan kebijakan pendidikan nasional berparadigma hidup, mengembangkan kapasitas kelembagaan pendidikan hidup, meningkatkan akses informasi pendidikan lingkungan hidup secara merata serta sinergi antar pelaku. Lingkungan hidup merupakan suatu sistem yang meliputi lingkungan alam hayati, lingkungan alam non-hayati, lingkungan buatan serta lingkungan sosial yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya. Pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana senantiasa memperhitungkan dampak kegiatan terhadap lingkungan dan kemampuan sumber daya untuk menopang pembangunan.
Pengelolaan lingkungan merupakan upaya terpadu dalam pemanfaatan, pemeliharaan, pengawasan, pemilihan dan pengembangan lingkungan hidup. Unsur lingkungan hidup antara lain sumber daya manusia, sumber daya alam hayati, sumber daya alam non-hayati serta sumber daya buatan. Perusakan lingkungan hidup merupakan suatu tindakan yang menikbulkan perubahan langsung maupun tidak langsung terhadap sifat-sifat atau hayati lingkungan, yang mengakibatkan lingkungan tersebut tidak berfungsi dalam pembangunan yang berkesinambungan.

B.       Fenomena Lingkungan
Fenomena permasalahan lingkungan sangat komplek. Maka dari itu, permasalahan tersebut terbagi menjadi empat permasalahan, antara lain:
1.        Policy
2.        Poverty
3.        Population
4.        Polution
Berikut merupakan contoh beberapa permasalahan lingkungan, antara lain:
1.        Pencemaran udara Jakarta
2.        Semakin tipisnya lahan bakau dan terumbu karang
3.        Pencemaran air di beberapa kota dan air sumur terkontaminasi
4.        Turunnya mata air tanah di Semarang, Bandung, Jakarta.
5.        Menurunnya keragaman hayati.
6.        Meningkatnya lapisan air

C.      Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya merupakan nilai potensi yang dimiliki oleh beberapa materi atau unsur tertentu dalam kehidupan yang bersifat fisik maupun non-fisik. Sumber daya hayati merupakan salah satu sumber daya dapat pulih yang terdiri atas flora dan fauna. Secara harfiah, sumber daya alam hayati merupakan sumber daya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian. Sumber daya non-hayati merupakan sumber daya yang tidak mempunyai kehidupan dan tidak mengalami kematian. Jenis-jenis sumber daya non-hayati antara lain bahan mineral, air dan udara.

D.      Macam-Macam Sumber Daya Alam
v  Berdasarkan sifat terbagi menjadi tiga, antara lain:
-       Sumber daya alam yang terbarukan, misalnya hewan, tumbuhan, mikroba, air dan tanah.
-    Sumber daya alam yang tidak terbarukan, misalnya minyak tanah, gas bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya.
-       Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya udara, matahari, energi pasang surut dan energi laut.

v  Berdasarkan potensi dibagi menjadi tiga bagian, antara lain:
-    Sumber daya alam materi, merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisik. Misalnya batu, besi, emas, kayu, serat kapas.
-   Sumber daya alam energi, merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut, kincir angin.
-    Sumber daya alam ruang, merupakan sumber daya alam yang berupa ruang. Misalnya area tanah dan angkasa.
v  Berdasarkan jenis terbagi menjadi dua, antara lain:
-      Sumber daya alam non-hayati, merupakan sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya bahan tambang, tanah, air dan kincir angin.

-    Sumber daya alam hayati, merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya hewan, tumbuhan, mikroba dan manusia.


Referensi:
http://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2010/12/SOP-PLH_PKn.pdf
http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdftinjauan/LING1111/TINJAUAN.pdf
http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/196006151988031-JUPRI/SUMBER_DAYA_ALAM_Drs._Jupri,_MT.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar