EKOLOGI
Ekologi adalah suatu ilmu yang
mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya. Dalam
ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan dengan lingkungannya. Ekologi
berhubungan erat dengan tingkatan organisasi makhluk hidup, antara lain
populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling memengaruhi dan suatu sistem
yang menunjukkan kesatuan.
Ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologi. Ekologi mempelajari
bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan hidupnya dengan mengadakan
hubungan antar makhluk hidup dengan benda tak hidup didalam lingkungan. Para
ahli ekologi telah mempelajari hal berikut:
1.
Perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup yang satu
ke makhluk hidup yang lain ke dalam lingkungannya dan faktor-faktor yang
menyebabkannya.
2.
Perubahan populasi atau
spesies pada waktu yang berbeda dalam faktor-faktor yang menyebabkannya.
3.
Terjadi hubungan antarspesies makhluk hidup dan
hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan.
Hubungan
keterkaitan dan ketergantungan antara seluruh komponen ekosistem harus dipertahankan dalam
kondisi yang stabil dan seimbang. Perubahan terhadap salah satu
komponen akan memengaruhi komponen lainnya. Ekosistem mampu memelihara
dan mengatur diri sendiri seperti halnya komponen penyusunnya yaitu organisme dan populasi. Ekosistem
merupakan kumpulan dari bermacam-macam dari alam tersebut, contohnya hewan,
tumbuhan, lingkungan, dan manusia.
ILMU
LINGKUNGAN
Ilmu lingkungan merupakan suatu ilmu multidisiplin yang
mengintegrasikan ilmu fisika, biologi, kimia, ekologi, ilmu tanah, geologi, sains atmosfer, dan geografi untuk
mempelajari lingkungan, serta solusi dari permasalahan lingkungan. Bidang
terkait untuk dipelajari yaitu pembelajaran lingkungan dan teknik lingkungan.
Pembelajaran lingkungan menggabungkan berbagai ilmu sosial untuk memahami
hubungan antar manusia, persepsi, dan kebijakan mengenai lingkungan. Teknik
lingkungan fokus pada desain dan teknologi untuk meningkatkan kualitas
lingkungan di berbagai aspek.
Ilmu
lingkungan memulai pembelajaran aktif pada tahun 1960an dan 1970an, didorong
oleh kebutuhan pendekatan multidisipliner untuk menganalisis masalah lingkungan
yang kompleks. Selain itu, kedatangan hukum terkait lingkungan yang membutuhkan
protokol dan investigasi lingkungan, serta tumbuhnya kesadaran masyarakat
terhadap aksi nyata dari gerakan yang menyinggung masalah lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar