Kamis, 12 Januari 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar ke-4

1. MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A. MAKNA TANGGUNG JAWAB

Makna dari istilah "tanggung jawab" adalah siap menerima kewajiban dan tugas. Arti tanggung jawab tersebut seharusnya mudah dimengerti oleh setiap orang. kebanyakan orang mengelak dari tanggung jawab karena jauh lebih mudah untuk menghidari dari tanggung jawab dari pada menerima tanggung jawab.

Jadi, definisi tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang dinamakan hak. Tanggung jawab merupakan pernbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, jika hidup tidak ada tanggung jawab, maka semuanya akan hancur.

Dengan kita bertanggung jawab, kita akan dipercaya oleh orang lain, selalu tepat melaksanakan sesuatu, mendapatkan hak dengan wajarnya. Seringkali orang tidak melakukan tanggung jawabnya, mungkin disebabkan oleh hal-hal yang membuat orang itu lebih memilih hal diluar tanggung jawabnya.

B. MAKNA PENGABDIAN

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, pengabdian berarti hal mengabdi atau mengabdikan. Seorang warga negara yang mengabdi kepada negaranya biasanya berpedoman hidup "Berjuang bagi negara tanpa mengharapkan imbalan apa-apa."

Pengabdian bukan perbudakan, karena perbudakkan selalu disertai dengan paksaan dan kekuatan yang akhirnya menimbulkan pemberontakkan. Tidak ada perbudakkan yang menghasilkan kebahagiaan karena akan berakhir dengan kehancuran.

C. MAKNA PENGORBANAN

Pengorbanan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang, dengan suatu tujuan yang pasti seperti memberi pertolongan dengan tanpa mengharapkan imbalan.
Pengorbanan itu dilakukan oleh seseorang yang tidak mengharapkan imbalan, biasanya orang tersebut adalah orang yang menolong dengan ikhlas karena Allah swt.

Saat ini, jarang kita menemukan seseorang yang rela berkorban seperti hal makna tersebut, bahkan rela mengorbankan jiwa dan raganya. Pengorbanan itu merupakan perbuatan yang sangat mulia.
Jadi, makna dari pengorbanan adalah :

  • Menjadikan seseorang untuk menjadi lebih baik lagi karena dengan adanya sifat pengorbanan tersebut.
  • Dengan pengorbanan, maka seseorang dapat memetik hal yang berharga dan berarti disaat apa ayng telah dia lihat.
  • Orang-orang yang berkorban akan mendapatkan pahala (imbalan) dari Tuhan/Allah swt.
  • Orang-orang yang berkorban niscaya akan selalu terkenang dengan pengorbanannya.
  • Dan ingatlah bahwa pengorbanan itu merupakan perbuatan terpuji.

2. MANUSIA DAN KEGELISAHAN

A. PENGERTIAN KEGELISAHAN DAN SUMBER-SUMBER KEGELISAHAN

  • PENGERTIAN KEGELISAHAN
Kegelisahan adalah perasaan gelisah, khawatir, dan kecemasan terhadap suatu hal yang menyebabkan dirinya menjadi tidak tenang. Dan kegelisahan didefinisikan sebagai emosi yang tidak menyenangkan yang merupakan bentuk psikis dari sebuah ketakutan. Kegelisahan menggambarkan seseorang yang tidak tentram hatinya karena suatu hal sehingga membuatnya tidak sabar untuk menghadapinya. Ciri-ciri orang yang kegelisahan tampak pada gerak-gerik dan tingkah lakunya penuh kecemasan. Kegelisahan dapat berkaitan dengan frustasi.
  • SUMBER-SUMBER KEGELISAHAN
Sumber-sumber kegelisahan biasanya karena :
  • Takutnya menghadapi sesuatu yang belum menjadi kepastian dalam hidupnya
  • Frustasi
  • Banyak pikiran
  • Selalu berpikir negatif
Maka dari itu, untuk mencegahnya harus dengan selalu berpikir positif, bersikap tenang dalam menghadapi sesuatu, hilangkan segala pikiran yang menyebabkan kita menjadi gelisah, dan melakukan penyegaran otak disaat sedang waktu luang.

B. MAKNA KETERASINGAN

Keterasingan adalah merupakan makna dari kata "asing" yaitu sendiri atau terpencil. kata asing itu sendiri berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisah dari yang lain. Jadi, makna dari keterasingan itu adalah suatu hal yang menyebabkan seseorang menjadi terpencil atau sendiri, karena dapat bisa disebabkan oleh perbuatannya yang menyebabkan tidak diterima di lingkungan sekitar, bahkan sulitnya seseorang menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan sekitar karena perilakunya yang tidak baik.

C. MAKNA KESEPIAN

Kesepian adalah merupakan perasaan terasing dalam pikiran seseorang. Kesepian berasal dari kata "sepi" yang berarti tidak ada sesuatu yang melengkapi, kosong. Kesepian umumnya menjadi permasalahan bagi kaum pria maupun wanita, dan tidak mengenal usia.

Kita pada dasarnya sebagai makhluk hidup seringkali lebih menakuti perasaan kesepian daripada tidak makan. Karena cenderung lebih merasakan takut, merasakan kehilangan seseorang, sehingga memerlukan kebersamaan dari sapaan orang lain. Perasaan kesepian lainnya yaitu karena merasa kehilangan seseorang yang dicintai.

Kesepian menjadi sumber bermacam-macam penyakit fisik dan psikologis, seperti sakit kepala, nyeri punggung, darah tinggi, emosional, gampang tersinggung, depresi berat, bahkan sampai bunuh diri.

D. MAKNA KETIDAKPASTIAN

Ketidakpastian berasal dari kata "tidak pasti" yang berarti tidak menentu, tidak tahu hal-hal yang pasti, tidak terarah. Ketidakpastian disebabkan karena adanya keadaan yang tidak menentu, tanpa sebab hal yang jelas, dan hal ini dapat menyebabkan pikiran menjadi tidak terkonsentrasi.

Ketidakpastian dapat disebut sebagai orang yang plin plan, tidak tetap pada pendiriannya, sehingga membuat pikirannya menjadi kacau. Hal ini disebabkan karena si penderita banyak berhalusinasi, berpikiran yang tidak pasti, terbawa perasaan emosinya, bahkan sampai menderita phobia. Biasanya yang mengalami hal ini adalah orang yang selalu ragu-ragu dalam mengambil keputusan, sehingga penyakitnya tidak dapat disembuhkan, atau dengan cara lain seperti berkonsultasi dengan psikolog.

Sumber referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar